Breaking News

Minggu, 13 April 2014

Membedakan Mesin HINO RG dan RK8

Assalamu'alaikum dulur-dulur BisMania..... 

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai cara membedakan mesin Hino RG dan RK8.Pastilah dulur BisMania sudah tidak asing lagi dengan jenis mesin ini,karena bis-bis di Indonesia banyak yang menggunakan mesin jenis ini.Sedikit informasi bahwa RG adalah kakak dari RK8 alias RG keluar lebih dulu baru setelah itu RK8.Tapi,kadang-kadang kita suka bingung bagaimana sih membedakan bis itu menggunakan mesin Hino RG atau RK8???Buat dulur-dulur gak perlu bingung,risau,galau atau apaun itu hahahaha,karena cara membedakannya cukup mudah,,,,,gak percaya..????silahkan simak dengan seksama....ciieelaahh bahasanya hehehe. 

1. Mesin 

Nah,,Pertama-tama kita akan melihat perbedaan mesin RG dan RK8.Kedua mesin ini merupakan satu keturunan J21-Heritage milik Hino.

*ini penampang Mesin Hino RG dengan mesin J08C dengan tenaga yg dihasilkan 240ps pada 2.500rpm dan torsi 72Kgm pada 1.500rpm
 Gambar 1 Mesin Hino RG

*Kalo ini penampang mesin Hino RK8 dengan memakai jenis J08E-UF R260 mempunyai dua output horsepower range : 235Ps@2.500rpm + 72 Kgm@1.500rpm dan 260Ps@2.500rpm + 76 Kgm@1.500rpm.
 Gambar 2 Mesin Hino RK8

2. AIR INTAKE

Air intake atau saluran masuk udara ini merupakan salah satu pembeda antara RG dan RK8,namun ini masih kurang valid karena Hino RG yang direbody jetbus bentuk air intakenya akan sama seperti RK8.Kemudian Hino RK 8 yang posisi filter nya di kiri *sekarang dikanan* itu ga ada air intakenya *cek di new travego yang masih smile.

*Ini bentuk air intake RG di body old travego AP
 Gambar 3 Air Intake Hino RG

*Ini bentuk air intake RK8 pada body Jetbus
Gambar 4 Air Intake Hino RK8

3. VELG

Velg juga merupakan salah satu pembeda yang bisa membedakan antara RG dan RK8

*Ini penampakan velg Hino RG
Gambar 5 Velg Hino RG

*Ini penampakan velg depan Hino RK8
 Gambar 6 Velg Hino RK8

4. MUFFLER / KNALPOT

Nah,bagian knalpot ini lah yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan RG dan RK8,,,Yuukkk kita ngolong dulu biar lebih jelas.

*Ini penampakan knalpot Hino RG (Lurus)
Gambar 7 Muffler/knalpot Hino RG

*Ini penampakan knalpot Hino RK8 (Meliuk)
Gambar 8 Muffler/knalpot Hino RK8

5. STIR dan HAND BRAKE

Stir dan hand brake yaitu opsi lain untuk membedakan RG dan RK8,namun untuk dapat melihatnya kita harus masuk ke dalam kabin sopir tentunya.

*Ini penampakan stir dan hand brake Hino RG
Gambar 9 Stir dan hand brake Hino RG

*Ini penampakan stir dan hand brake Hino RK8
Gambar 10 Stir dan hand brake Hino RK8


Selain pembeda yang sudah jelas seperti yang sudah saya jabarkan di atas,kita juga bisa membedakan lewat suara mesin dan knalpotnya.Suara HINO RG itu gahar-gahar gimana gitu kalau Hino RK8 suaranya lebih kalem.Tapi beda cerita kalau knalpotnya RK8 udah dibobok, persis deh suaranya kayak RG.Jadi suara jangan dijadikan patokan pembeda yang valid ya.Itu sih pembeda yang mudah kita jumpai.

Lanjut ke pembeda dalam hal TEKNIS...pengen tau?????ayo simak lagi......

1.  Hino RG memiliki panjang total chasis 11840 mm,,,,,sedangkan Hino RK 8 memiliki panjang chasis 11470 mm.

2.  Hino RG mengaplikasi straight frame alias rangka kanal C datar dari axle depan hingga rear end, dengan lebar chassis tetap.Sedangkan RK mengaplikasi chassis tangga (ladder frame) dengan tonjolan/lengkungan chassis di atas axle belakang.

3.  HINO RG itu jarak lebar ban depannya itu 1920 mm sedangkan HINO RK8 itu 2040 mm.Jadi kalau dari luar, bannya Hino RG agak didalam dibanding bannya Hino RK8.

4. Hino RG itu jago di trek lurus, coba liat di perbandingan giginya 4300:1.,,,,Kalau RK 8 memiliki segalanya lurus bagus, tanjakan Jago terbukti dari perbandingan rationya 5.125:1

5.Kalau dari sistem pengereman Hino RG itu memakai Air Over Hydraulic system,Sedangkan HINO RK8 memakai Full Air dengan sirkuit ganda.


Wah apalagi ya yang mau dibedain lagi,,,???Bedain Mesin udah,bedain air intake udah,bedain knalpot udah,bedain stir udah,bedain velg udah,,,,,
Yaudah cukup sekian informasi tentang membedakan mesin Hino RG dan RK8 dari saya,,ada kurang lebihnya saya minta maaf,disini saya juga masih belajar,,,jangan lupa tinggalkan kritik dan saran yang membangun untuk postingan saya selanjutnya.
Jangan lupa follow twitter saya ya hehehehe sekalian promosi :D ===>>> @BayuHendro_ID

Sekian dari saya,terima kasih dan sampai jumpa lain waktu....dadaaaaahhhhh :D

2 komentar:

  1. gapapa sih di reupload, tapi jangan lupa yaa sumbernya darimana daripada dianggap plagiat :)

    BalasHapus

Designed By VungTauZ.Com | Edited by Bayu Hendro Saputro © 2014